Lagi, Alumni Ponpes MTI Canduang Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

 


Justic, MTI Canduang– [27 November 2023] Alumni Ponpes Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang terus menorehkan prestasi luar biasa di dunia akademis. lagi, salah seorang alumninya dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Sosiologi. Yakni Prof. Nurus Shalihin, M.Si, Ph.D.

Nurus Shalihin memiliki akar pendidikan di Pondok Pesantren MTI Canduang dan berhasil mencapai puncak penghargaan akademis dengan gelar profesor. Keberhasilan Nurus Shalihin bukan hanya merupakan sukses pribadi, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi Ponpes Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang dan komunitasnya.

Ia menjadi teladan bagi para santri dan alumni MTI Canduang. Menunjukkan bahwa pendidikan yang didapat dari pondok pesantren dapat membawa dampak positif dan menciptakan peluang di dunia ilmu pengetahuan.

Dalam Orasinya saat pengukuhan sebagai guru besar di Gedung Kuliah Bersama UIN Imam Bonjol Padang Kampus III Sungai Bangek Senin (27/11), Nurus Shalihin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Ponpes Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang yang telah menginspirasi dan  memberikan dasar pendidikan yang kuat dan nilai-nilai keislaman yang mendalam. “Pendidikan di pondok pesantren tidak hanya membentuk akhlak yang baik, tetapi juga memberikan landasan yang kokoh untuk mengejar impian akademis. Saya berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda di pondok pesantren,” kata Nurus Shalihin

Pengukuhan Nurus Shalihin sebagai profesor menjadi bukti bahwa pendidikan di Pondok Pesantren mampu mencetak lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional. Hal ini sekaligus mengukuhkan reputasi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada pengembangan ilmu agama, tetapi juga mendorong kesuksesan di berbagai bidang, termasuk bidang ilmu pengetahuan umum.

Ketua Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli Syukri Iska dan Segenap Pimpinan Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang beserta majelis guru/karyawan  menyampaikan ucapan selamat atas prestasi gemilang Nurus Shalihin. “Kami bangga melihat salah seorang alumni  mencapai posisi yang tinggi di dunia akademis. Semoga Prof. Nurus Shalihin, M.Si, Ph.D terus menjadi panutan bagi generasi mendatang, dan prestasinya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di pondok pesantren MTI Canduang,” ujar Alimin Alam salah seorang ustadz senior PP MTI Canduang.

Berdasarkan data  alumni Ponpes Mti Canduang yang telah meraih gelar akademik tertinggi sampai saat ini adalah :

1.Prof. Dr. Satria Efendi, M. Zein, MA (Bidang Ushul Fiqih) Almarhum, UIN Syarif Jakarta

2.Prof. KH. Djamaat Nur ( Bidang Fikih) UIN Bengkulu

3.Prof. Dr. Makmur Syarif SH, M.A (Bidang Hukum Islam) UIN Padang

4.Prof, Dr. Syamsul Bahri Khatib, MA (Bidang Tasawuf) UIN Padang

5.Prof. Dr. Nashruddin Baidan ( Bidang tafsir) UIN Padang

6.Prof. Dr. Alaidin Koto (Bidang Sosial Politik), UIN Pekan Baru

7.Prof. Dr, Mawardi, M.SI (Bidang Kimia), UNP

8.Prof, Dr. Hendra Harmi, M. Pd (Bidang Pendikan Agama Islam) IAIN Curup

9.Prof, Nurus Shalihin, M.Si, Ph.D (Bidang Sosiologi) UIN Padang

Keberhasilan para alumni mencapai gelar profesor adalah bukti nyata bahwa pendidikan di pondok pesantren tidak hanya relevan untuk kehidupan agama, tetapi juga membuka peluang luas di dunia akademis dan profesional. Semoga prestasi ini akan membawa berkah dan memberikan dorongan semangat bagi Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang dan alumni-alumninya dalam mengejar cita-cita tinggi di masa depan, ungkap Candra Kepala MAS TI Canduang.
JUSTIC

Situs ini adalah ruang publikasi berita dan informasi dan karya seni santri-santri Pondok Pesantren MTI Canduang, Agam, Sumatera Barat, Indonesia yang dikelola oleh Jurnalis Santri Tarbiyah Islamiyah Canduang sejak Selasa 07 Agustus 2007

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama