MTI CANDUANG TUAN RUMAH GRAND OPENING HARI SANTRI NASIONAL 2018


Jum'at, 19 Oktober 2018 M / 10 Shafar 1440 H
Reporter : Delvy Everanti Noer

MTI Canduang - JUSTIC. Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Candung tahun ini terpilih menjadi tuan rumah dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional ke 4. Acara yang dilaksanakan yaitu Grand Opening Hari Santri dan setelah itu dilanjutkan dengan muzakarah kepala madrasah se-Sumatera Barat, Kamis (18/10).
Undangan yang hadir terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Edi Oktaviandi, S.Ag. , Bupati Kabupaten Agam, Indra Catri, yang diwakilkan kepala wakil gubernur. Serta para pimpinan pondok pesantren se-Sumatera Barat. Para guru dan santri dari pesantren yang diundang juga ikut memeriahkan acara, diantaranya Pondok Pesantren At-taqwa, Pondok Pesantren Nurul Huda, Pondok Pesantren Ibnu Qoyyim, dan lainnya.
Acara dimulai dengan penyambutan dari Kanwil Kemenag Sumbar  dan Wakil Bupati Kabupaten Agam yang disambut dengan pertunjukan tambo dari Pondok Pesantren Nurul Huda Maninjau, kemudian pembacaan ayat suci oleh santri MTI Canduang, Hidayatul Akmal dan Geri Septian yang dilanjutkan dengan penampilan paduan suara Tarbiyah dengan menyanyikan lagu santri nasional dan mars tarbiyah. 
Sekretaris Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Fardinal berharap acara ini bisa sebagai evaluasi cita-cita pesantren kedepannya, menguatkan rasa ketarbiyahan serta berharap terciptanya masyarakat madani di Indonesia yang dimulai dari santri.
Setelah istirahat zuhur dan makan acara dilanjutkan kembali dengan diadakan muzakarah antara rais- rais pondok pesantren di Auditorium Syekh Sulaiman Arrasuli yang salah satunya dipimpin oleh Dr. Silfia Hanani,M.si (Dosen IAIN Bukittinggi) dengan tema pesantren dan perempuan, " Pesantren berisi gudang intelektual, ulama-ulama intelektual dan buku-buku rujukan". Ucapnya.

Diakhir acara ditampilkan pementasan kreativitas santri pondok pesantren di halaman MTI Canduang yang menampilkan Tambo dari Pondok Pesantren Nurul Huda, Shalawat Syifaul Qulub dari MTI Canduang,  kolaborasi randai dan silek dari Pondok Pesantren Al Irsyad Bulaan Kamba,  Demontrasi Wushu dari Pondok Pesantren Ahmad Khatib, Silek laga dari Pondok Pesantren Ainul Yaqin Batagak, Drama santri dari  Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai dan Pondok Pesantren Abdul Karim Syuaib, puisi dari Pondok Pesantren Prof. Hamka dan acara ditutup dengan penampilan Rebana dari Pondok Pesantren Darul Makmur Baso. || DEN - JUSTIC


JUSTIC

Situs ini adalah ruang publikasi berita dan informasi dan karya seni santri-santri Pondok Pesantren MTI Canduang, Agam, Sumatera Barat, Indonesia yang dikelola oleh Jurnalis Santri Tarbiyah Islamiyah Canduang sejak Selasa 07 Agustus 2007

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama